Pages

Subscribe:

Jumat, 08 Maret 2013

contoh pidato cara belajar yang efektif


cara belajar yang efektif
Selamat Pagi salam sejahterah bagi kita semua
Ibu kepala yang saya hormati
Bapak-Ibu guru yang saya hormati Seluruh teman teman yang saya banggakan
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang maka esa atas curahan nikmat-Nya yang tiada terhingga kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, dalam keadaan sehat wal afiat. Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas partisipasi ibu kepala sekolah dalam upacara pagi ini. Selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah hadir dan ikut serta dalam membantu proses berlangsungnya upacara hari ini. Terakhir saya ucapkan terima kasih kepada teman teman yang mengikuti upacara ini
Teman teman yang saya banggakan
Sebelum saya memulai berpidato topik yang akan saya sampaikan yakni cara belajar yang efektif. Setiap orang, satu dengan yang lainnya, memiliki cara belajar yang berbeda. Ada yang belajar rutin setiap hari ada pula yang menganut pola belajar SKS (sistem kebut semalam).
Belajar secara efektif merupakan sebuah cara belajar yang mengutamakan hasil dan proses pelaksanaan yang efisien. Belajar secara efektif memiliki banyak keuntungan antara lain, kita lebih cepat mengerti tentang materi yang sedang kita pelajari selain itu kita dapat menghemat waktu untuk belajar sehingga dapat mengalokasikan kelebihan waktu untuk mengerjakan hal hal yang juga bermanfaat. Terakhir kita tidak akan mudah merasa bosan karna selalu berkutat dengan proses belajar menuntut ilmu.
Teman teman yang saya banggakan,
Untuk menjalani proses belajar yang efektif ada beberapa cara yang dapat kita lakukan antara lain :
1. awali proses belajar dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
2. berdoa agar diberikan kemudahan dalam menyerap ilmu saat belajar.
3. pilihlah cara belajar yang cocok menurut kalian, apakah lebih nyaman belajar sendiri atau belajar kelompok bersama teman.
4. buatlah suasana belajar senyaman mungkin, bisa dengan nyemil, mendengarkan musik, atau memilih keheningan suasana untuk memudahkan berkonsentrasi.
5. rasakan jika belajar adalah sebuah hal yang menyenangkan bagi kita.
6. saat mulai belajar, pahami kerangka umum dari meteri pelajaran tersebut.
7. selalu utamakan memegang konsep, bukan hanya belajar menghafal.
8. buatlah sebuah alur berpikir yang sistematis dari konsep yang telah kita pahami agar tidak mudah     lupa dengan mengaitkan antara satu poin dengan poin-poin lainnya.
9. latihan soal agar pemahaman kita akan materi tersebut semakin terasah.
10. bayangkan penerapan ilmu tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari.
Itulah beberapa cara sederhana bagi kita untuk menciptakan suatu proses belajar yang efektif. Kita dapat pula menambahkan variasi tentang cara belajar kita selama hal yang kita lakukan tersebut dapat membuat kita semakin mudah mempelajari dan memahami sebuah materi.
Akhirnya saya mohon maaf jika ada kata yang salah dan kurang berkenan di hati bapak ibu dan teman teman. Terima kasih. Selamat pagi dan salam sejahterah.

0 komentar:

Posting Komentar